Tips Sukses Membuat Kue Kering

Sukses Membuat Kue Kering

 

Meski tampaknya sepele, membuat kue kering ternyata tak gampang. Salah-salah, hasilnya terlalu keras atau terlalu lembut. Nah, agar kue kering buatan sendiri ringan dan renyah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menjadi sukses dalam pengolahan kue kering:

 

A. Gunakan terigu berprotein rendah dan benar-benar kering.

 

B. Pilih telur yang masih baru. Bila telur baru dikeluarkan dari lemari pendingin, diamkan sesaat di luar, sampai mencapai suhu ruangan.

 

C. Usahakan komposisi bahan yang akan dipakai seimbang.

 

D. Mengocok adonan tidak perlu sampai mengembang atau terlalu putih.

 

E. Saat mencampur tepung terigu sebaiknya tidak sekaligus, karena kelembapan tepung terigu yang berbeda dapat membuat kue jadi keras atau tidak renyah.

 

F. Hindari membuat kue kering lebih dari satu resep. Bila adonan lebih dari satu resep, adonan yang belum tercetak akan menjadi keras, akibatnya kue menjadi kurang renyah. Bila sudah telanjur mengocok adonan lebih dari satu resep, pisahkan adonan mentega dengan tepung terigu. Caranya, ambil sebagian adonan lalu tuangkan sebagian tepung terigu. Aduk rata lalu cetak/bentuk sesuai selera. Begitu seterusnya sampai adonan habis.

 

G. Agar kue kering tidak gosong saat dibakar, sebaiknya gunakan 2 buah loyang, satu untuk meletakkan kue yang akan dibakar, dan satu sebagai alas loyang pertama.

 

H. Saat mencetak kue, ketebalan adonan sebaiknya sama besar agar matangnya rata, dengan temperatur oven tetap stabil bersuhu 160 C.

 

 

You may also like...

Leave a Reply